16 April 2023

Home Artikel Solusi blog › Mengatasi You're about to be redirected

Mengatasi You're about to be redirected

Daftar Isi [Lihat]

Mengatasi You're about to be redirected - Yang berarti anda telah dialihkan.
Pesan pengalihan seperti ini muncul ketika anda mengakses blog / website dan dialihkan pada sebuah halaman yang berisi peringatan bahwa url lama yang dituju telah dialihkan ke url baru.
Jadi, peringatan pengalihan akan muncul hanya ketika mengakses url yang lama, bukan url yang baru.
Agar lebih jelasnya.. baca artikel di bawah ini.

Pesan yang ditampilkan pada halaman pengalihan adalah seperti ini:
You're about to be redirected
The blog that used to be here is now at https://....
This blog is not hosted by Blogger and has not been checked for spam, viruses and other forms of malware.


Atau bila diterjemahkan, yang berarti:
Anda telah dialihkan
Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di https://....
Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

Dan dibagian bawahnya ada pilihan
Ya Tidak

Ya yang berarti anda akan dialihkan ke url yang dimaksud tadi / redirect

Mengatasi You're about to be redirected

Mengatasi You're about to be redirected

Kasus You're about to be redirected seperti ini terjadi ketika setelah meng-custom domain blogspot.
Baca Juga • Cara mudah membuat subdomain di blogspot
• Asyiknya Transfer Domain
• Fungsi robots.txt
• Agar custom domain blogger bisa diakses tanpa WWW

Pada artikel kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya tentang cara untuk mengatasi error dengan notif You're about to be redirected tersebut..

Jadi solusi untuk kasus redirect ini memang berdasakan dari pengalaman pribadi saya dan bukan menulis ulang artikel orang lain apalagi copas.. lha gimana? gak ada yang dicopas.. ahahaha..

Karena saya tidak menemukan solusi yang saya alami ini, You're about to be redirected.
Dan kebetulan saja kali ini saya menemukan solusinya dan ternyata berhasil bagi saya dan selanjutnya saya share disini.
Dengan harapan agar bisa menjadikan manfaat bagi pembaca semua.. amin..

Okey..
Kasus redirect seperti ini telah saya alami sampai tiga kali, mungkin yang ke-empat kalinya saya akan dapat payung.. hahaha.


Pertama

Untuk domain yang pertama, notif seperti ini tidak saya jumpai karena setelah meng-custom domain tersebut karena saya selalu update artikel, jadi ketika mengecek keberadaan SERP google yang tampil adalah artikel yang baru, bukan yang lama.

Jadi tidak ada redirect di situ.

Ini saya anggap saya telah mengalami error dengan notif You're about to be redirected / Anda telah dialihkan, dan ini adalah asumsi saya sendiri setelah mengalami kasus di domain saya yang ketiga.

 

Kedua

Lalu.. beberapa tahun setelahnya, saya meng-custom domain lagi untuk yang kedua kalinya.

Ternyata malah parah, hasil SERP di artikel yang lama malah tidak muncul karena saya jarang update artikel baru disitu.

Saya tidak ada curiga dengan masalah You're about to be redirected disini.
Akhirnya.. saya lepas domain tersebut.. saya anggap gagal.


Ketiga

Nah pada custom domain yang ketiga (saya tulis disini).
Saya menemukan jawaban atas masalah error dengan notif redirect / You're about to be redirected.

Singkat cerita..

Sebelum meng-custom domain tersebut.. banyak dari artikel yang saya buat telah nongol di halaman pertama pencarian google, ini adalah suatu kegembiraan tersendiri bagi saya, karena beberapa artikel bisa nongol di page-one.

Lalu beberapa bulan kemudian saya mempunyai niatan untuk meng-custom domain tersebut.
Ya biar semakin dipercaya pengunjung blog.. ya karena artikel banyak yang page one dan saya apresiasikan dengan nama domain dot com yang bagus lah.. biar semangat bikin artikel

Namun apa yang terjadi..??

Artikel malah hilang entah kemana.. wadidauww.. @#%&????

Yang namanya masalah, pasti ada solusi dan saya harus bisa mengatasinya..

Emm.. iseng-iseng tidak sengaja, saya menuliskan url blogspot saya, karena awalnya saya memang meng-custom domain dot com tersebut dari blogspot..

Jreng jreng jreng..

Muncul notifikasi You're about to be redirected

Anda telah dialihkan
Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di https://.... ... ...
Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

Lha.. ini biangnya.. artikel jadi banyak yang hilang / gak muncul di pencarian google..

Nah.. saya pun lantas bertanya kesana kemari dan lagi-lagi gak menemukan jawabannya..

Hingga saya pun bertanya ke abang CS di jasa peng-custom domain, ini harapan terakhir saya, mungkin ini adalah karena masalah seting DNS yang kurang benar dan lain-lain..

Tapi apa yang terjadi..?? katanya harus nunggu 2 bulanan dikarenakan masih dalam proses pengalihan domain.. lalu saya jawab gini.. lho bang, ini sudah saya alami 3 bulan lebih lho?.. mau nunggu berapa bulan lagi..? hahaha..

Sudah deh ampun.. dari situ nyerah saya..

Namun, ya gara-gara itu tadi.. sudah terlanjur beli domain bagus, artikel banyak yang page-one, tapi kok bisa-bisanya hilang di pencarian google setelah meng-custom domain..

Saya jadi semangat lagi.. semangat pokoknya semangat.. harus bisa!.. never give up!

Cara Mengatasi You're about to be redirected

Akhirnya.. saya menemukan solusi ini dengan tidak sengaja.. atau istilahnya "diperoleh dengan tidak disengaja.."

Di dasbor GOOGLE WEBMASTER TOOLS.

Pada opsi Perubahan alamat, Dari menu Setelan..

Sepertinya disitu sudah ada sejak lama deh.. sudah dari dulu kayaknya.. opsi "perubahan alamat" ini, atau "Change of address" bila dashboard sampeyan berbahasa inggeris.

Nah.. setelah baca-baca neh.. disitu tertulis mengenai redirect 301..

Ini pun saya ketahui setelah mengalami masalah redirect seperti ini dan mungkin saja bila saya tidak mengalami error dengan notif ini, bisa jadi saya mengabaikan opsi tersebut..

Lalu tanpa banyak basa-basi lagi dan langsung beraksi..

Saya lantas mengisi menu tersebut..

Menuliskan URL tujuan pada kolom yang disediakan..

Dan karena tidak sabar, saya pun me-refresh berulang-ulang pada halaman

You're about to be redirected

Anda telah dialihkan
Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di https://.... ... ...
Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

Namun seperti pada umumnya masa propagasi.. proses ini adalah memakan waktu 2x24 jam..

Tapi kurang lebih selama 2 jam saja sudah tidak ada lagi notif "anda telah dialihkan.. bla bla bla.."

Setelah itu saya pun me-reset browser (hapus histori, cache dan kawan-kawannya)

Dan selanjutnya, menuliskan URL custom domain baru saya di browser..

Dan.. Taraaaa..

Notif sudah tidak nongol lagi..

*Tambahan, bila anda menggunakan DNS Cloudflare.. hapus saja!

Kesimpulan

Dari rentetan cerita You're about to be redirected yang saya tulis diatas.

Masalah ini akan muncul hanya ketika mengakses dari URL lama (xxx.blogspot.com).

Mengakses dengan menuliskan URL secara langsung di tab browser.

Sebenarnya, dari cerita diatas sudah nampak gejalanya bahwa hal ini terjadi pada halaman artikel lama (artikel yang sudah terpublish sebelum meng-custom domain)

Ya karena bermasalah ketika melakukan redirect, jadi ketika mesin pencari mengcrawl artikel yang lama maka berhenti pada halaman notif You're about to be redirected dan terjebak disitu!.
Jadinya google tidak menampilkan artikel lama kita di halaman hasil pencarian.

Lain halnya ketika kita mempublishkan artikel saat domain sudah ter-custom, maka mesin pencari tidak melakukan redirect lagi dan google langsung menampilkan di halaman pencariannya.


Penyebab terjadinya You're about to be redirected

Dari domain yang saya custom di atas, ternyata domain-domain tersebut adalah domain expired / aged domain.

Ya, domain pertama dan ketiga adalah domain yang expired tapi saya mendapatkannya secara tidak sengaja dan hal tersebut saya tidak mengetahuinya.

Untuk domain yang kedua memang sengaja saya mencarinya menggunakan tools dengan harapan authority dari domain tersebut yang memang sudah tinggi jadi tinggal meneruskan saja.

Untuk mengetahui bahwa domain yang saya miliki tersebut adalah domain expired atau bukan, saya mengeceknya di http://web.archive.org

Mengatasi You're about to be redirected

Saya berasumsi bahwa redirect google masih mengumpulkan data dari server lama domain tersebut, jadi crawling-nya mentok pada terakhir history domain yang lama tadi.

Dan dengan opsi dari GOOGLE WEBMASTER TOOLS yang saya bahas di atas, kita men-SUBMIT nya bahwa domain expired tersebut untuk saat ini menerima redirect dari blogspot yang kita miliki saat ini, mulai dari artikel lama sampai yang baru

Mengandalkan redirect domain dari registrar ataupun seting DNS, tidaklah cukup!.
Gunakan Google Webmaster Tools!.
Pihak registrar hanya me-redirect artikel yang baru saja (setelah meng-custom domain).
Bukan me-redirect artikel yang lama! (sebelum meng-custom domain).
Karena.. masalah error redirect seperti ini adalah efek dari menggunakan DOMAIN EXPIRED, gitu...

Nah..

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi You're about to be redirected ini dapat membantu pembaca semua..

Happy Blogging..!


Mengatasi You're about to be redirected, How to fix redirect error in blogger?, Bagaimana cara memperbaiki kesalahan redirect di blogger?, Mengatasi Pesan Redirected setelah Pasang Domain Blog, Cara Mengatasi Err_too_many_redirects

Related Posts

4 comments

  1. itulah tak enaknya jadi blogger
    harus punya pengalaman banyak
    dah harus siap pusing
    tidak hanya sekedar menulis
    untuk saat ini saja, saya fobus ke artikel niche berita
    yang lebih simple dan tak begitu pening kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. tapi bagaimana lagi.. kita sudah terlanjur nge-blog.. sudah terlanjur pusing.. hahaha

      Delete
  2. kalau saya mengalami fike ads txt yang dot com'
    sudah benar cara menerapkannya, tapi masih muncuil notif tersebut
    sehinnga iklan tidak bisa muncul sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek menggunakan extensi chrome >> Ads.txt Checker

      Delete